Masjid di Perancis

Masjid Agung Kota Poiters atau biasanya disebut dengan grande mosquee de poitiers merupakan salah satu masjid yang yang di bangun di Poiters. Pengerjakan akhir masjid ini dilakukan pada tahun 2012, kota poitiers ini juga terkenal sebagai kota pelajar di sini berbagai mahasiswa datang untuk mencari ilmu, kebanyakan penduduk di sana beragama muslim. Pada saat ini banyak sekali orang yang berlomba lomba untuk membangun masjid agar juga banyak orang yang mendekatkan diri pada Allah SWT, maka dari itu orang yang jual kubah masjid juga banyak, Seperti halnya kubah masjid CV. Batu Mandiri punya kami ini yang bergerak  dalam bidang kontraktor kubah masjid dan juga Pembuatan kubah masjid.

Pro – Kontra Masjid Agung Kota Poiters

Mahasiswa yang ada di sini kemudian bergabung dalam sebuah komunitas muslim yang ada di kota poiters ini. Kemudian mereka bersama sama membangun masjid dari bekas tempat klub malam, Masjid Masjid Agung Kota Poitiers  ini pada tahun 2012 lalu telah menjadi perhatian dunia karena ada kelompok yang beranggotakan 60 orang menyerbu serta ingin mengambil alih masjid ini, tindakan tersebut mendapat kecaman dari para politikus serta orang mulsim di berbagai negara.Kelompok tersebut bernama generation identity, mereka menyerbu Masjid Agung Kota Poitiers ini pada pukul 6 serta memanjat tembok dan setelah di atas bangunan mereka membentangkan sebuah spanduk yang bertulis 732 generation identity yang berarti spanduk tersebut yakni tahun 734 charles martel ini dengan berani menghadapi tentara muslim yang ada di sebelah utara kota poitiers.

Selain itu di media sosial mereka juga menuliskan bahwa mereka tidak ingin ada seorang imigran muslim dari luar eropa atau pembangunan bangunan masjid yang baru di negara perancis. Pada saat insiden itu mereka mengeluarka sebuah pernyataan yang mana mereka tidak mau meninggalkan masjid itu meski di paksa dengan pihak berwenang. Namun pada akhirnya aksi mereka berhenti dan meninggalkan masjid ini pada pukul 1 siang. Karena pada saat itu telah ada kesepakatan antara pihak berwenang serta kelompok tersebut. Meskipun telah ada kesepakatan tapi ada 3 orang yang di tahan oleh pihak berwenang.

Masjid Agung Perancis

Selain Masjid Agung Kota Poiters ada juga Masjid Agung Perancis yang memiliki keunikan.  Masjid Agung Perancis ini dibangun di tahun 1920 dan direnovasi di tahun 1992. Masjid Agung Perancis ini dibangun dari beton beton bertulang sehingga tampak sangat kokoh. Masjid Agung Perancis ini merupakan masjid orang muslim do prancis, karena masjid ini merupakan tempat perlindungan masyarakat saat perang dunia 2. Masjid Agung Perancis ini ini memiliki keunikan yang terlihat pada bagian kubahnya.

Kebanyakan bangunan masjid yang memiliki kubah akan memiliki 1 kubah utama serta beberapa kubah pendamping namun Masjid Agung Perancis ini sangat unik seperti memiliki bentuk yang berbeda, bentuk dari kubah pertama berbentuk bulat serta pada bagian atas samping masjid. Dan untuk kubah yang kedua berbentuk kerucut yang berada di tengah tempat beribadah. Kubah pada masjid ini tampak indak dengan warna kubah masjid yang berbeda antara kubah pertema dengan kubah kedua. Arsitektur dari Masjid Agung Perancis ini mengusung arsitektur khas dari muslim spanyol pada abad pertengahan.