Masjid di negara perancis

Masjid di negara perancis ini merupakan masjid yang memiliki keunikan dengan masjid masjid yang ada. Setiap masjid yang indah pasti harga kubah masjid ini juga cukup busa dibilang sedikit mahal. selain itu ada juga bahan untuk membuat kubah yang beragam seperti kubah masjid baja ringan.

Masjid Agung Perancis

Terkecuali Masjid Agung Kota Poiters ada pula Masjid Agung Perancis yang mempunyai kekhasan. Masjid Agung Perancis ini dibuat di th. 1920 serta diperbaiki di th. 1992. Masjid Agung Perancis ini dibuat dari beton beton bertulang hingga terlihat begitu kuat. Masjid Agung Perancis ini adalah masjid orang muslim di prancis, karna masjid ini adalah tempat perlindungan orang-orang waktu perang dunia 2. Masjid Agung Perancis ini ini mempunyai kekhasan yang tampak di bagian kubahnya.

Umumnya bangunan masjid yang mempunyai kubah juga akan mempunyai 1 kubah paling utama dan sebagian kubah jadi pendamping tetapi Masjid Agung Perancis ini begitu unik seperti mempunyai bentuk yang berlainan, bentuk dari kubah pertama berupa bulat dan di bagian atas samping masjid. Serta untuk kubah yang ke-2 berupa kerucut yang ada ditengah tempat melaksanakan ibadah. Kubah pada masjid ini terlihat indak dengan warna kubah masjid yang berlainan pada kubah pertema dengan kubah ke-2. Arsitektur dari Masjid Agung Perancis ini mengusung arsitektur ciri khas dari muslim spanyol pada era pertengahan.

Masjid Agung Kota Poiters

Masjid Agung Kota Poiters atau umumnya dimaksud dengan grande mosquee de poitiers adalah satu diantara masjid yang yang dibuat di Poiters. Pengerjakan akhir masjid ini dikerjakan pada th. 2012, kota poitiers ini populer jadi kota pelajar disini beragam mahasiswa datang untuk mencari pengetahuan, umumnya masyarakat disana beragama muslim.

Pro – Kontra Masjid Agung Kota Poiters

Mahasiswa yang berada di sini lalu gabung dalam satu komune muslim yang berada di kota poiters ini. Lalu mereka bersama-sama membuat masjid dari bekas tempat club malam, Masjid Agung Kota Poitiers ini pada th. 2012 lalu sudah jadi perhatian dunia karna ada grup yang beranggotakan 60 orang menyerbu dan menginginkan ambil alih masjid ini, aksi itu memperoleh kecaman dari beberapa politikus dan orang mulsim di beberapa negara. Golongan itu bernama generation identity, mereka menyerbu Masjid Agung Kota Poitiers ini pada jam 6 dan memanjat tembok serta sesudah diatas bangunan mereka membentangkan satu spanduk yang bertulis 732 generation identity yang bermakna spanduk itu yaitu th. 734 charles martel ini dengan berani hadapi tentara muslim yang berada di samping utara kota poitiers.

Diluar itu di sosial media mereka juga menuliskan kalau mereka tidak mau ada seseorang imigran muslim dari luar eropa atau pembangunan bangunan masjid yang baru di negara perancis. Ketika insiden itu mereka mengeluarkan satu pernyataan yang mana mereka tidak ingin meninggalkan masjid itu walau di paksa dengan pihak berwenang. Tetapi selanjutnya tindakan mereka berhenti serta meninggalkan masjid ini pada jam 1 siang. Karna ketika itu sudah ada perjanjian pada pihak berwenang dan golongan itu. Walau sudah ada perjanjian tapi ada 3 orang yang di tahan oleh pihak berwenang.