Masjid Bengak Al – Raisiyah

Masjid Al – Raisiyah atau umum di kenal dengan masjid bengak Al – Raisiyah ada di kampung sekarbela, kelurahan karang pule, kec. sekarbela, kota mataram, NTB (nusa tenggara barat). Masjid Al – Raisiyah ini adalah masjid dari peninggalan tokoh islam yang berna Gaus Abdul Razak.

Nama bengak yang ada pada masjid ini menurut bhs orang-orang sekitar bermakna heran. Menurut sejarahnya perjalanan untuk menebarkan agama islam di lokasi itu cukup susah untuk memperoleh air yang bersih. Serta disuatu hari tokoh islam yang bernama Gaus Abdul Razak tengah memimpin satu pengajian di masjid itu yang mana bangunan masjid ketika itu masih tetap termasuk sederhana, Tanpa ada disangka air deras keluar dari dalam tanah serta orang-orang yang berada di sekitaran sana terheran heran dengan peristiwa itu. Serta dari keajaiban itu banyak orang-orang mulai memeluk agama islam.

Tetapi dengan jamaah masjid ini yang makin banyak jadi pada th. 2001 Masjid Al – Raisiyah ini diperbaiki dengan memakai arsitektur dari timur tengah serta mempunyai 3 lantai, dana untuk membuat masjid ini menggunakan dana sejumlah 6 miliar. Dana yang di dapat untuk pembangunana masjid ini datang dari sumbangan warga sekarbela. Serta dari perbaikan itu nampaklah bangunan dari masjid bengak yang moderen. Bangunan Masjid Al – Raisiyah ini serupa dengan masjid nabawi yang terlihat di bagian kubah dan menara, dan dinding mimbar dari masjid ini di ambil dari kota lampung, sumatera.

Lokasi dari sekarbela ini populer dengan pengrajin mutiaranya dan banyak juga beberapa toko perhiasan yang menunjukkan bermacam macam jenis mutiara, seperti emas, perak dan batuan yang bernilai lainnya. Jika kita ada di kawasan sekarbela ini anda juga akan menjumpai jenis macam perhiasan baik emas, perak, mutiara dan lain sebagainya. Jadi tidaklah heran jika pembangunan masjid ini yang menjangkau miliar rupiah bisa dipikul oleh orang-orang lokasi sekarbela ini.

Walau saat ini begitu tampak moderen namun masjid ini terlebih dulu mempunyai sejarah dari Masjid Al – Raisiyah yang demikian tinggi. Mimbar di masjid ini dihiasi dengan ukiran kayu ipil dengan penambahan arsitektur surah al – jumuah serta kayu itu mempunyai umur telah beberapa ratus taun. Kayu itu juga adalah peninggalan histori yang hingga ini bisa berdiri dengan kuat. Masjid Al – Raisiyah ini adalah masjid yang tertua yang berada di kota mataram. Tidak jauh dari masjid ini berdiri satu pondok pesantren yang dibangun oleh tuan guru haji muhammad rais.

Kolam Ajaib Masjid Bengak

Menurut beberapa sesepuh yang berada di tempat ini dengan terdapatnya tokoh islam Gaus Abdul Razak ini untuk menebarkan agama islam di daerah ini disertai dengan timbulnya sumber mata air serta satu diantaranya ada di Masjid Al – Raisiyah kota mataram ini. Terlebih dulu kampung sekarbela ini di kenal jadi daerah yang tandus. Menurut sejarahnya daerah ini adalah sisi daerah dari kekuasaan kerajaan hindu waktu masa pimpinan Anak Agung, tidak heran jika orang-orang ini berpedoman faham animisme. Tetapi keadaan di daerah ini beralih saat Gaus Abdul Razak ini datang ke lokasi ini untuk menebarkan agam islam. Dengan kemunculan mata air di daerah itu dipercayai kalau air itu memiliki kandungan kemampuan supranatural, bahkan juga dulu ada pula sebagian tentara jepang yang terluka serta dibawa ke masjid ini untuk memperoleh penyembuhan. Kolam itu ada didepan mimbar masjid ini dan ada pula sumur tua.