Kubah Masjid Berbahan Gavalum

Kubah merupakan yang sering digunakan pada bangunan masjid atau musholla, namun juga semua bangunan masjid menggunakan kubah dan hal tersebut juga tidak masalah yang penting tempat tersebut tujuannya untuk melakukan ibadah sholat. Untuk masjid yang memakai kubah tentu peran pembuat dari kubah masjid juga di perlukan dalam membantu menyelesaikan bangunan kubahnya, maka dari itu para banyak sekali yang jual kubah masjid di berbagai daerah.

Kubah Gavalum

Dengan makin majunya zaman bangunan masjid sudah mencapai ke pelosok negeri meski bangunan tersebut tidak semewah bangunan yang ada di kota kota besar. Dengan di buatnya sebuah kubah maka bahan untuk membuat kubah tersebut juga diperlukan. Salah satunya bahan untuk membuat kubah yakni kubah dari bahan gavalum. Kubah gavalum ini dapat tahan dengan suhu tinggi selain itu warna yang diaplikasikan pada kubah gavalum ini juga tidak mudah memudar karena daya rekat cat pada bahan ini cukup fleksibel. Bukan hanya warnanya saja yang tidak mudah memudar melainkan juga kubah bahan ini juga tahan terhadap korosi. Kubah Bahan Gavalum ini tidak mudah karatan karena sudah dibekali dengan kandungan senyawa yang tahan terhadap pengasaman sehingga peluang terjadinya korosi sangat rendah pada kubah bahan ini. Harga dari kubah gavalum ini juga beragam sesuai dengan ukuran yang diminta produsen. Kubah bahan gavalum ini memiliki kelebihan serta kekurangan seperti bahan kubah lainnya. Kelebihan dari kubah gavalum adalah tidak mudah bocor, tidak mudah terserang karat, warna yang dihasilkan akan terlihat eksotis serta bagus, bobot dari bahan ini juga cukup enteng sehingga tidak mempengaruhi pondasi dari bangunan masjid. Selain itu ketika terjadi gempa kemungkinan terjadinya kerusakan juga tidak terlalu parah. Bukan hanya keunggulan saja bahan ini juga memiliki kekurangan seperti bahan ini mudah menyerap panas sehingga temperatur yang ada dalam ruangan juga akan terpengaruhi, selain itu apabila tertimpa beban yang memiliki bobot berat akan penyok atau melengkung.

Sejarah Kubah Masjid

Sejarah Kubah masjid sendiri juga bukan berasal dari agama islam melainkan kubah sudah ada sejak zaman yunani kuno. Namun banyak juga orang berasumsi kalau bangunan kubah itu berasal langsung dari umat muslim. Dulu kubah mulai digunakan pada bangunan bergedung yang digunakan sebagai dekorasi eksterior serta kubah juga digunakan untuk arsitektur tambahan pada bangunan tempat beribadah umat non-muslim. Selain itu bangunan kubah sudak dikenal oleh masyarakat pada zaman dahulu yaitu pada sekitaran pada 6000 tahun yang lalu, dan pada 100 tahunan yang lalu kubah juga ditemukan pada jaman roma yang mana pada saat itu ditemukan bekas bangunan kuno yakni sebuah kuil yang ada pada bagian eksteriornya sudah memakai kubah. Selanjutnya Pada masa kekhalifaan Abdul Malik yakni sekitar tahun 685 sampai dengan 668 masehi bangunan kubah mulai dipakai dalam bangunan masjid Dome Of The Rock, dan dari situlah kubah masjid mulai digunakan pada bangunan masjid berikut berikutnya. Dengan makin berkembangnya zaman bentuk dari kubah juga bervariasi.